Waktu pertama kali belajar make up. aku sering kebingungan ketika menemukan istilah-istilah dunia per-beauty-an yang biasanya menggunakan bahasa asing. Awalnya masih meraba-raba aja, antara ngerti dan ga ngerti pada beberapa istilah. Tapi lama-lama juga akhirnya terbiasa sama istilah-istilah itu bahkan sering aku pakai sehari-hari.

Kali ini aku mau mengumpulkan istilah-istilah kecantikan itu dalam bentuk kamus. Karena terlalu banyak akhirnya aku buat ke dalam dua part yah (sekalian biar naikin traffic blog, huahahahaha). Part pertama aku bikinnya dari huruf A-J doang. Kenapa J? Suka-suka eikeh dong, huahahahahaha. Btw, kenapa gue ketawanya hahaha bukan wkwkwk, hihihi, atau hehehe? *EMANG PENTING BANGET DIBAHAS???*

Daripada kebanyakan intro tapi ujung-ujungnya kagak dibaca, yuk langsung aja intip kamus yang aku bikin. Oh iya, karena ini kebanyakan pendapat pribadi jadi bisa aja arti istilahnya kurang tepat. Buat yang tahu pengertian yang benar bisa komen di bawah ini yaa...





A
Acne : dalam Bahasa Indonesia berarti jerawat. Acne merupakan peradangan kronis dari folikel pilosebasea (salah satu kelenjar pada kulit), yang disebabkan oleh beberapa faktor dengan gejala dan tanda-tanda yang khas.


Acne prone : adalah masalah kulit yang umumnya disebabkan oleh bakteri (tidak hanya hormon) dan sering dialami oleh tipe kulit sensitif. Jadi acne prone bukanlah jenis kulit, melainkan problem pada kulit. Sedangkan jenis kulit yang biasanya memiliki permasalahan acne prone ini adalah kulit yang sensitif, baik yang berminyak maupun kering




AHA : adalah singkatan dari alpha hydroxy acids atau asam alfa hidroksi. Secara alami beragam jenis AHA dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan, seperti jeruk, apel, anggur, tebu, dan lain sebagainya.

Anti Aging : adalah ilmu kedokteran yang mempelajari proses-proses penuaan dan kemudian melakukan berbagai terobosan bagaimana agar proses penuaan tidak menjadi fatal.

Antioksidan : merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Sering kita temukan di ingredients produk kecantikan istilah ini, merupakan kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kulit dari radikal bebas seperti polusi kendaraan dan asap rokok, dan juga dapat memulihkan sel-sel yang rusak.

Apple's of the Cheek : bukan berarti apel di pipi ya. Maksudnya bagian menonjol di pipi ketika kita tersenyum. Nah, di bagian ini kita biasa mengaplikasikan blush on secara tipis-tipis.

Arbutin : bahan alami yang bisa didapatkan dari tanaman, berkhasiat untuk memutihkan kulit.

Ashy : ketika salah memilih warna foundation, maka warna kulit kita cenderung berwarna keabu-abuan. Kondisi ini biasa disebut ashy.


B
Baking : bukan baking dalam artian memanggang kue yah. Baking di sini berarti teknik makeup dengan cara mengaplikasikan bedak tabur (biasanya yang transparant atau translucent) dalam jumlah banyak di bagian T-Zone kemudian tunggu beberapa saat barulah sisa-sisa bedak dibersihkan menggunakan brush.

BB Cream : merupakan singkatan dari Blemish Balm atau Beauty Balm. BB cream berasal dari Jerman dan makin populer beberapa tahun terakhir ini di Asia, terutama Korea Selatan, memiliki fungsi sebagai alas bedak sekaligus pelembab.

Beauty Blender : Sejenis spons yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan makeup pada wajah agar hasil dari makeup tampak lebih sempurna. Biasanya di pasaran berbentuk seperti telur.

Beauty Enthusiast : para pecinta makeup maupun dunia kecantikan secara umum.

BHA : Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah kandungan senyawa kimia yang digunakan pada produk kecantikan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati atau eksfoliasi.

Blemish : adalah ungkapan untuk kulit yang kurang sempurna. Tidak hanya karena jerawat, tapi bisa juga karena noda hitam karena sinar matahari dan komedo

Blend : teknik membaurkan suatu produk, entah foundation ataupun eyeshadow.

Blush On : perona pipi

Breakout : Timbulnya banyak jerawat pada wajah, suatu kondisi yang disebabkan oleh hormon, stres, salah pemakaian kosmetika dan iritasi.

Bronzering : teknik pemakaian make up menggunakan produk bronzer yang bertujuan menambah kesan hangat atau memberi tone kecoklatan pada kulit.

Brow Bone : pelipis yang ada di bawah alis

Bruntusan : adalah istilah yang sering digunakan pada kulit wajah yang dipenuhi bintil – bintil kecil berwarna kemerahan dan menyebar di seluruh bagian wajah, biasanya dalam bentuk yang berdekatan atau merapat, tidak seperti jerawat besar yang biasanya agak terpisah letaknya.

Buffing Brush : kuas makeup yang berbulu halus, gemuk dan padat


C
Cakey : kalau diterjemahkan ke Indonesia berarti dempul. Yeah, that’s it. Hahaha.

CC Cream : CC Cream (Color Correcting Cream). CC Cream adalah penyempurnaan dari BB Cream. CC Cream berfungsi sebagai primer, pencerah dan juga sebagai alas bedak bersamaan.

Cleanser : pembersih wajah. Bisa berbentuk foam, oil, milk, bahkan yang kekinian adalah water based yaitu micellar water.

Clumpy : kondisi mascara yang megumpal

Concealer : adalah produk makeup yang berfungsi menyamarkan kekurangan pada wajah seperti kulit kemerahan, noda hitam, jerawat, maupun area gelap pada mata.

Compact Powder : bedak yang berbentuk padat

Update 

Complexion : istilah kecantikan tentang suatu keadaan kulit, seperti shade (gelap, medium, terang), tekstur (halus atau kasar), dan rona warna kulit. Beberapa produk kecantikan yang berhubungan dengan complexion adalah foundation, bb cream, dan concealer. Para beauty b/vloger juga juga sering menggunakan Istilah complexion  untuk mengganti kata dasar riasan atau base make up yang mereka gunakan di wajah.
 



Contouring : teknik make up yang bertujuan memberikan dimensi pada wajah.

Coverage : istilah yang dipakai untuk menamai daya tutup atas kekurangan kulit di sebuah makeup, misal foundation A memiliki coverage maksimal, artinya daya tutupnya terhadap kekurangan kulit sangat tinggi.

Crease : adalah lipatan alami pada kulit. Misalnya lipatan mata, lipatan garis senyum.

Cut Crease : adalah teknik mengaplikasikan warna eyeshadow yang cukup kontras di kelopak mata dengan di atas lipatan mata.

Cushion : Salah satu base makeup cair yang tersimpan dalam hard case. Cara applikasi cushion adalah dengan menggunkan puff khusus yang telah tersedia di dalam hard case nya


D

DD Cream : DD Cream ( Dynamic Do It All Cream). DD Cream adalah perpaduan fondation, moisturizer, sunscreen dan anti aging yang dikemas dalam formula unik untuk mengcover wajah.

Dewy Skin/Look : tampilan kulit yang cerah dan terkesan basah tapi bukan berminyak yaah.

Double Cleansing : Yaitu 2 (dua) langkah dalam membersihkan wajah. Pertama membersihkan makeup terlebih dahulu memakai makeup remover, dan kedua membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash.

Dry Patches : artinya bagian-bagian yang terlihat kering dan agak bersisik pada kulit kita. biasanya dry patches ini dialami oleh orang dengan kondisi kulit yang super kering di area tertentu seperti pipi.

Dupe : ‘Dupe’ diambil dari kata ‘duplicate’ yang artinya duplikat. Istilah ini biasa digunakan untuk merujuk pada produk yang memiliki kualitas yang hampir mirip atau bahkan sama persis dengan produk lainnya yang cenderung lebih mahal atau branded.


E

Essence : produk perawatan kulit yang memiliki konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi dibandingkan produk lain seperti pelembap dan bisa memiliki bahan dasar air atau minyak. Tekstur essence biasanya lebih kental dari produk serupa yaitu serum.
 
Exfoliator : produk kecantikan yang berfungsi untuk membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar.


Eye Cream : produk kecantikan berupa krim yang digunakan di area bawah mata. Gunanya untuk mengurangi permasalahan pada kulit di sekitar area mata seperti dark spot, mata panda, atau kerutan di bawah mata.

Eye lid : bagian lipatan pada kelopak mata.

Eye Shadow : ini nih produk favorit eikeh. Kalau Bahasa Indonesianya berarti perona mata, biasa digunakan pada kelopak mata maupun di bagian bawah mata.

Eyelash Extention : salah satu cara yang banyak dilakukan wanita untuk menambah volume bulu mata dengan menggunakan teknik tertentu.



F
Fall Out : adalah bubuk-bubuk eyeshadow yang jatuh di bawah mata.

Falsies : istilah untuk bulu mata palsu

First Impression : kesan pertama setelah menggunakan suatu produk

Flat Brush : kuas makeup yang memiliki permukaan datar

Flawless : istilah yang menunjukkan wajah mulus dan tanpa kekurangan.

Foundation : produk alas bedak. Juga biasa disebut foundi untuk pengucapan yang lebih santai.


G
Gel Liner : produk eyeliner yang berbentuk lebih padat.

Glowing Skin : adalah suatu kondisi dimana wajah terlihat lebih berkilau, tidak kering, dan tampilannya lembab

Greasy : untuk menggambarkan bahwa produk makeup yang mereka pakai membuat kulit mereka terasa dan terlihat berminyak dan itu adalah hal yang negatif. Bedanya dengan oily? Biasanya kata oily digunakan untuk merujuk pada kondisi kulit bawaan. Sedangkan greasy cenderung merujuk pada efek pemakaian produk tertentu.


H
Haul : sering kita mendengar istilah haul ini dipakai beauty blogger. Aku sendiri nggak benar-benar paham yes arti sebenarnya. Kalau aku perhatikan, istilah haul dalam dunia perbiutian ini bermakna produk-produk terbaru yang kita miliki. Tambahan dari Kakak Aro Cantik, haul berarti barang belanjaan yang kita kumpulkan dalam suatu periode. [yuk kunjungi juga www.arokopa.com]

Hair Care : produk perawatan rambut. Biasanya meliputi shampoo, conditioner, hair mask, hair serum, vitamin, dll.

Highlighter : adalah produk kecantikan yang berfungsi memberikan efek kilau pada bagian tertentu pada wajah kita agar area tersebut tampak lebih menonjol. Highlighter bisa berupa bubuk padat maupun krim.

Hint : istilah untuk menamai kesamar-samaran warna. Semisal warna hijau memiliki hint warna kuning artinya warna hijau tersebut berwarna hijau tetapi memiliki kesamar-samaran dengan warna kuning.

Holy Grail: istilah untuk menggambarkan produk ini cocok atau produk terbaik yang pernah dipakai untuk setiap individu. Misal, Si A cocok banget pakai krim wajah merk X dan itu produk dijadikan produk andalannya untuk beberapa periode waktu sebelum akhirnya ia menemukan produk yang lebih baik lagi.

Hydroquinone : obat yang digunakan untuk menangani hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit atau obat yang menghambat produksi pigmen melanin ini memutihkan dan mencerahkan flek-flek hitam. Namun produk yang mengandung hydroquinone dianggap berbahaya serta dapat menimbulkan efek samping negatif.

I
Illuminator : produk kecantikan yang bisa memberikan efek glowing pada wajah, biasanya berbentuk cairan krim kental dan digunakan sebelum foundation.

J
Jawline : area garis rahang atau bagian bawah pipi.


13 Comments

  1. Cik, ada beberapa yg kayaknya kurang tepat 😅
    Apple's of the cheek
    Crease bukan creas
    Cut crease 😁
    Haul itu artinya belanjaan Ci. Kalo yg dikasi gratis freebies 🙆

    Moga mbantu, maap kalo salah


    arokopa com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Cuman sampe J aja ya?:(
    Seru bgt bacanyaaa. Thanks udah ngepost ini❤

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat sekali 😊 thanks infonya🙏

    ReplyDelete
  5. Thank u fyi, finally I know what haul is wkwkwk

    ReplyDelete

Senang sekali kamu bisa mampir ke postinganku, tapi jangan lupa tingggalkan jejak komentar di bawah ya :)