Ternyata banyak banget lhooo yang pengen aku melanjutkan kamus atau glossarium istilah yang sering diucapkan atau ditulis oleh para beauty blogger. Waaah, jadi terharu.

Sebelumnya aku uda posting istilah kata dari awalan huruf A sampai J. Kali ini aku mau melanjutkan dari huruf K sampai Z (padahal cuma sampai W). Ya sutralah biar nggak berlama-lama langsung cekidot saja guys.


K

Kulit kombinasi : adalah perpaduan antara jenis kulit kering dan berminyak. Bagian kulit yang sering berminyak di daerah T-Zone yaitu dagu, dahi, hidung; sementara kering di bagian lainnya. 
Komedo : adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan  kulit yang berwarna hitam. Komedo merupakan  jenis jerawat yang tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah. Selain wajah, komedo juga bisa muncul di leher, dada, bahu punggung, dan lengan.

L
Lid : adalah area kelopak mata yang dekat dengan bulu mata dan di bawah garis crease
 

Look : artinya tampilan. Make up look artinya tampilan riasan


M

Make Up Junkie : Sebutan untuk individu yang menyukai dunia make up. Kalau menurutku sih, nggak sekedar suka aja, tapi bener-bener obsessed sama make up.

Matte : tampilan yang berkebalikan dengan "glossy". Istilah matte mengacu pada tampilan yang tidak memantulkan cahaya dan bisa disamakan dengan istilah "doff". Dalam dunia kecantikan, produk yang diklaim matte, misalnya lipstik cenderung kering dan tidak berkilau. Sementara pada produk foundation yang matte akan menghasilkan tampilan wajah tidak oily.

MUA: singkatan dari Make Up Artist, sebuah profesi dengan keahlian merias orang. Tapi apakah semua orang yang merias orang dan dibayar bisa disebut MUA? Ayo speak up pendapat kamu di bawah J

N

Non-comedogenic : Secara harfiah berarti  formula dalam produk yang dimaksud tidak akan menimbulkan komedo dan mengurangi munculnya jerawat. Tapi produk ini nggak serta merta bisa dikatakan benar-benar tidak menimbulkan jerawat sebab produk non-comedogenic belum teruji klinis di FDA. Sebab ada banyak factor lain yang mendukung munculnya jerawat, seperti hormon atau infeksi bakteri. Biasanya produk non-comedogenic dibuat dari lanolin alami sebagai pengganti lanolin sintetik. Reaksi lanolin ini pada setiap orang berbeda, ada yang muncul komedo ada yang tidak.

NOTD: singkatan dari Nail of The Day, maksudnya dandanan kuku yang dipakai saat itu.






O

On fleek : istilah ini sering sekali diucapkan oleh para beauty b/vlogger ketika membicarakan tentang riasan mereka terutama alis (eyebrows) yang tampilannya sangat oke atau cetar badai. Contoh “alisku on fleek nih,” maksudnya alis tersebut sangat sempurna.

Opaques : Dari arti dalam bahasa inggris yang berarti buram atau nggak tembus cahaya, opaque dalam kamus beauty punya arti yang agak mirip sama pigmented, artinya warna yang dikeluarin oleh produk tersebut pekat, jelas, dan sampe mampu nutup permukaan kulit dengan baik. Istilah ini biasanya dipake buat ngejelasin intensitaswarna suatu produk makeup, kayak lipstik, blush on, ataupun eyeshadow.

OOTD: singkatan dari Outfit of The Day, artinya tampilan keselurahan (outfit) biasanya pakaian dan aksesoris lalu tampilan itu dipublish ke media sosial.

Outer V : bagian pada mata yang terletak di sudut terluar, di bagian mata ini biasanya dibubuhkan eyeshadow berwarna gelap untuk membuat efek mata smokey

Oxy/Oxidized: seperti warna buah apel yang berubah ketika terpapar udara, make up juga bisa mengalami hal itu. Proses oksidasi pada makeup yang ditandakan dengan menggelapnya kosmetik ketika dipakai di kulit dalam waktu yang lama. Misalnya foundation jika dipakai lebih dari 3 jam warnanya menggelap, itu artinya foundation tersebut mengalami proses oksidasi.

P

PAO: singkatan dari Product After Opening. Menandakan batas waktu kualitas produk setelah kemasan produk dibuka. Misal tertulis PAO 6M (six mounth). Artinya produk tersebut masih dalam kondisi baik 6 bulan setelah kemasan dibuka.

Parabean : bahan pengawet yang paling banyak digunakan dalam produk kosmetik. Kimia, dan makanan. Ada bebagai jenis paraben dan tidak semuanya berbahaya. Beberapa jenis paraben diketahui dapat berubah menjadi racun apabila terpapar oleh sinar ultraviolet, antara lain metil dan etil paraben, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. Menghindari produk kecantikan yang mengandung paraben lebih dianjurkan. Karena meskipun produk-produk alami bebas paraben cenderung memiliki daya tahan pendek dan cepat rusak/busuk, tetapi keamanan dan efek samping paraben dapat dihindari. (dikutip dari www.alodokter.com)

Patchy : adalah sebutan kalau foundation yang kamu pakai malah menonjolkan bagian kulit yang kering dan mengelupas

Pigmented: keadaan untuk menjelaskan warna makeup (biasanya eyeshadow) yang warnanya terlihat vibrant dan jelas ketika dipakai.

PO: singkatan dari Pre-order, istilah yang dipakai dalam pembelian online ketika barang yang kita beli harus ditunggu terlebih dahulu sebelum dilakukan pembelian oleh owner olshop.

Poreclog: istilah kedokteran yang dipakai untuk menyebut penyumbatan pori. Semisal "mineral oil memiliki efek poreclog", artinya mineral oil berpotensi menyumbat pori.

Preloved: istilah yang dipakai untuk menyebut kosmetik yang sudah pernah dicoba, tetapi kemudian dijual atau diberikan ke orang lain.

Primer eyeshadow: semacam base/dasar makeup yang dipakai sebelum memakai eyeshadow. Tujuannya adalah untuk membuat warna eyeshadow lebih vibrant dan tahan lama.

Primer makeup: dasar makeup yang dipakai sebelum memakai foundation atau BBcream. Tujuannya adalah untuk memperhalus tekstur kulit, meratakan warna kulit, dan memperbaiki kekurangan warna kulit. Ada pula primer yang diklaim mampu mengisi lubang pori-pori.

S

Scrubbing : berasal dari kata scrub yang artinya menggosok. Scrubbing adalah proses menggosok kulit dengan produk kecantikan yang mengandung butiran halus yang bertujuan mengangkat sel kulit mati.


Sheet mask : masker wajah berbentuk lembaran yang biasanya mengandung cairan serum sehingga sangat basah jika dipegang, karena itu sheet mask selain merawat kulit juga memberikan efek kesegaran pada wajah.


Skincare : arti kata skincare dalam bahasa Indonesia adalah perawatan kulit. Berarti produk skincare adalah produk perawatan kulit


Skintone : pada dasarnya skintone merupakan warna kulit yang dipengaruhi jumlah pigmen yang ada di kulit. Sederhanyanya, warna kulit yang nampak oleh indra mata kita. Tapi warna yang dimaksud bukan sekedar hitam atau putih. Orang yang berkulit “putih” pun ada beberapa jenisnya,  ada yang punya skintone light, fair, atau peach. Buat orang yang kelihatan berkulit sawo matang ada yang skintone-nya beige ada pula yang tan. Sedangkan yang kulitnya super gelap biasanya disebut dark skintone. Skintone di Indonesia umumnya ada tiga jenis, yaitu putih gading, kuning langsat, dan sawo matang.
 
Smokey Eye : adalah riasan mata yang lebih menonjolkan penggunaan warna-warna gelap dan bold yang memberikan efek dramatik dan cantik dan membuat kita terlihat beda dari biasanya.

Smudge : Istilah ini memiliki dua arti. Pertama, “smudge” yang berarti teknik membaurkan makeup, contohnya eyeliner, namun tepiannya agak “digosok” sehingga menghasilkan tampilan yang soft. Sedangkan yang kedua adalah saat riasan mata luntur karena terkena air atau minyak berlebih di kulit. Istilah ini sama artinya kaya bleber atau luntur.

Sumber Foto : beautybyzoe.co.uk


Staying Power: nama lain dari ketahanan sebuah produk kosmetik. Semisal lipstick X memiliki stay power 3 jam, artinya lipstik tersebut mampu bertahan di bibir selama 3 jam.


Sun screen : adalah suatu produk kecantikan yang berfungsi melindungi kulit dari dampak negatif sinar matahari 



Swatch: bagaimana penampakan warna sebuah produk kosmetik yang dioleskan ke kulit atau jari.

T

T-Zone adalah area di sekitaran dahi dan hidung yang jika ditarik garis akan membentuk huruf T. T-zone bagi beberapa orang merupakan bagian wajah yang sering mengalami problem, missal komedo, jerawat, atau komedo.

Tearduct : sudut mata dalam atau bagian mata yang sering ada beleknya :p

Tightline : adalah garis pada kelopak mata bagian atas

Tightlining : adalah istilah yang digunakan untuk menyebut teknik pemakaian eyeliner dibawah bulu mata.

Touch up (dibaca : tacap) sering mendengar beauty guru kesayangan mengucapkan kata “tacap”. Jadi yang dimaksud itu adalah touch up, merupakan proses memulas kembali riasan setelah beberapa waktu berlalu sejak awal penggunaan riasan. Contoh : touch-up lipstik, artinya memulas kembali lipstik ke bibir

Tretinoin: nama lain dari Retin-A, Asam Retinoat atau Retinoic Acid, yaitu sebuah obat oles yang digunakan untuk pengobatan jerawat. Obat ini juga kerap dijadikan bahan aktif pada produk anti aging.

U

Unboxing : kegiatan membuka paket/ packaging suatu produk.


Undertone : adalah warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen. Artinya warna dasar ini tidak akan berubah walau pun warna kulit yang tampak oleh penglihatan mengalami perubahan menjadi lebih cerah atau menjadi lebih gelap. Ada tiga jenis undertone, yaitu: warm, neutral, dan cool.
 



W

Waterline : garis kelopak mata bagian bawah. Agar tidak bingung membedakan tightline dan waterline, diingat saja kata "water" mengacu pada garis mata yang paling sering kena air mata, hehe.

Whitecast: kondisi makeup yang terlihat lebih putih dan bersinar dari biasanya ketika tertangkap kamera. Biasanya terjadi karena pemakaian produk sunblock/sunscreen yang memiliki kandungan SPF tinggi.


6 Comments

  1. oww,, jadi tau sayaa subhanallah ... http://www.termudah.com memecahkan masalah adalah dengan tidak melakukan apa2 lagi wkwkwk

    ReplyDelete
  2. waaaah makasih loh, ternyata masih banyak kosa kata yang aku baru tau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu, Terimaa kasih sudah berkunjung ^^

      Delete
  3. ini ngebantu bgt untuk tau istilah beauty:D Tambahin lg ka yang emang, kaya kickback, powdery, fallout, buttery, cracking, shade, hehe. yang istilah digunain buat review" produk kosmetik gitu kan banyak😁

    beautybywids14.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Arti dari VELVET & COMPLEXTION dong kk..
    Ntah iya benar tulisan nya itu 🤣😅

    ReplyDelete

Senang sekali kamu bisa mampir ke postinganku, tapi jangan lupa tingggalkan jejak komentar di bawah ya :)