Salah satu item make up yang paling penting adalah foundation. Produk make up ini merupakan dasar dari semuanya maka dari itu step memakai foundation jarang dilewatkan. 

Manfaat penggunaan foundation adalah meratakan warna kulit. Tapi ada juga produk foundation yang berfungsi menyamarkan noda pada kulit jika produk tersebut memiliki konsistensi kepekatan tinggi alias full coverage. 

Jaman sekarang foundation sangat mudah ditemukan. Baik di mall, minimarket, store make up, bahkan di toko kelontongan pun ada guys. Kamu juga bisa beli foundation via online lho, tapi sayangnya resiko salah memilih shade sangat tinggi. Sebab kita nggak bisa lihat langsung warna yang ditawarkan. 

Bahkan bagi kamu yang beli langsung counternya, bisa jadi salah pilih shade juga. Nggak jarang waktu kamu coba-coba testernya, eh tahu-tahu sampai rumah shade itu malah terlalu terang di kulit kamu. 

Nah, kalau terlanjur salah beli warna foundation, jangan langsung dibuang dulu. Kamu juga bisa mengakali "musibah" tersebut dengan menggunakan beberapa cara di bawah ini. 

1. Pakai Bronzer

Apa itu bronzer? Buat pecinta make up pasti udah ngga asing dengan produk yang satu ini. Bronzer mirip seperti bedak, namun memiliki shade kecoklatan yang agak gelap. Karena itulah Bronzer digunakan untuk memberikan efek keeksotisan pada kulit pemakainya. 

Cara mengakali foundation keterangan menggunakan bronzer adalah : pertama pakai foundation seperti biasa di wajah, aplikasikannya tipis-tipis aja. Kedua, timpa dengan bedak lalu barulah baurkan bronzer di area bawah tulang pipi, rahang, atau di jidat sesuaikan dengan bentuk wajah kamu. 

Beberapa contoh merk bronzer adalah : The Balm Cosmetics Bahama Mama® Bronzer, Shadow & Contour Powder, Catrice Sun Glow Matt Bronzing Powder, dan Benefit Hoola Matte Bronzer.

2. Campur Foundation Lain
Ini adalah cara yang sering aku lakukan. Aku sendiri nggak pernah merasa salah beli shade soalnya aku selalu sedia satu produk foundation dengan shade gelap banget. 

Foundation yang aku maksud adalah dari Make Over shade 07 Caramel. Dengan satu pump aja aku bisa campur dengan beberapa tetes foundation yang shadenya keterangan. 

Voila, aku bisa dapetin shade yang sesuai skin tone aku. Kamu juga bisa mix foundi kamu yang kecerahan itu dengan foundation merk apa saja asal shadenya lebih gelap. 

3. Pakai Contour
Duh, benda apa lagi nih? Nah contour ini sekilas mirip-mirip fungsinya dengan bronzer. Tapi sebenarnya mereka adalah dua benda yang berbeda.

Baca juga : Apa bedanya Bronzer dan Contour

Contour sendiri gunanya untuk membentuk dimensi pada wajah. Contohnya bagi orang yang mukanya mbulet kaya aku, penggunaan contour yang tepat bisa bikin efek wajah yang lebih tirus di muka aku yang sebelas dua belas sama bude sumiyati ini. 

Cara pakainya setelah penggunaan foundation terus aplikasikan si contouring ini di area yang dibutuhkan seperti di bawah tulang pipi, rahang, hidung, dan jidat. Jangan lupa diblend yah ;)

Contoh produk contouring lokal yang sangat aku rekomendasikan yaitu dari brand pixy, reviewnya bisa kamu baca di sini

4. Pakai bedak lebih gelap

Tips ini sepertinya agak sulit dilakukan karena setauku jarang banget ada shade bedak yang benar-benar gelap. 

Menurutku segelap-gelapnya shade bedak pasti deh dia masih terang di mukaku.

Tapi lewat browsing-browsing yang cukup intens aku menemukan beberapa produk bedak dengan shade lumayan gelap.

Salah satunya Fanbo Fantastic Two Way Cake Professional Shade 06

5. Biarkan Oksidasi

Cara ini bisa dibilang tricky sebab hanya bisa dilakukan kalau shade yang kamu pakai itu satu tingkat lebih terang dari skintone kamu. 

Secara alamiah memang foundation bisa mengalami yang namanya oksidasi. Menurut kamus beauty blogger ala suci prastiti alias aku sendiri, proses oksidasi pada makeup yang ditandai dengan menggelapnya warna kosmetik ketika dipakai di kulit dalam waktu yang lama.

Biasanya warna foundation menggelap hanya dalam kurun 15 menit setelah pemakaian dan biasanya mulai berhenti pada menit ke-30 atau 1 jam. 

Jadi, ya patut dicoba juga cara ini. 
Itu dia lima cara yang bisa kamu terapkan saat menghadapi situasi foundation yang lebih terang atau lebih putih dari warna kulit. 


Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa share ke temen-temen kamu. 

0 Comments