Perawatan rambut adalah salah satu sesi merawat diri yang nggak boleh dilewatkan. Sebab rambut merupakan mahkota bagi para wanita, jadi harus dijaga penampilannya agar tetap menarik. Merawat rambut bisa dilakukan sendiri di rumah atau bisa juga datang ke salon.

Buat kamu yang baru pertama kali ke salon atau sudah pernah tapi nggak terlalu sering, pasti masih kebingungan waktu ditanya “rambutnya mau diapain kak?”. Sementara waktu liat papan menu perawatannya, eh banyak istilah yang kita nggak pahami.

Sebelum datang ke salon, coba pelajari dulu beberapa istilah di bawah ini yuk. Biar kita jadi tahu treatment apa yang cocok untuk rambutmu tercinta.


Bleaching
Berasal dari kata dasar “bleach” artinya memutihkan. Bleaching (untuk rambut) adalah proses mengeluarkan pigmen dari warna asli rambut yang biasa dilakukan sebelum melakukan proses pewarnaan rambut. Menurutku istilah ini lebih populer di Asia rarena rambut orang Asia rata-rata berwarna gelap, tidak bisa langsung begitu saja diwarnai pakai warna lain. Jadi harus melalui proses bleaching dulu alias warna hitam alami dihilangkan hingga rambut berubah menjadi lebih terang.

level bleaching 1-10


Proses bleaching pun nggak bisa dilakukan sekali. Perlu dilakukan beberapa kali sampai mendapatkan level kecerahan rambut yang diinginkan. Level warna rambut bervariasi dari level 1 (Hitam pekat) hingga level 10 (biasa dikenal sebagai lightest blonde). Untuk penggunaan pewarna rambut silver, grey, titanium serta warna-warna pelangi dan pastel secara sempurna, dibutuhkan level warna rambut 10.

Bleach Wash
Adalah istilah di salon perawatan rambut untuk proses mengeluarkan sisa dari warna rambut yang sebelumnnya. Bisa juga untuk menyebutkan proses menjadikan warna rambut lebih terang dibandingkan dengan sebelumnya (buat rambut yang pernah diwarnai dengan warna gelap).

Blow 
Adalah proses menata rambut dengan menggunakan alat berupa pengering rambut atau hair dryer  bertujuan agar rambut memiliki kesan lebih bervolume dan terlihat lebih rapi. 
Ada beberapa jenis blow yang bisa dipilih yaitu
Blow in : Blow dengan tekstur masuk kedalam
Blow out : Blow dengan tekstur keluar
Blow variasi : bentuk blow yang bisa disesuaikan dengan keinginan kita, umumnya pada bagian ujung rambut jadi timbul kesan ikal. Bisa juga dengan memakai alat curling iron atau sebaliknya flat iron.
Catok
Kalau yang ini pasti udah banyak yang tahu artinya. Catok adalah proses meluruskan rambut secara instan dengan menggunakan alat flat iron atau awam kita sebut dengan catokan rambut. Sama-sama meluruskan rambut, terus apa bedanya catok rambut dengan rebonding? Nah nanti ya akan aku jelaskan.

Creambath
merupakan istilah di salon untuk merawat rambut dengan menggunakan bahan massage cream yang khusus untuk rambut. Meskipun sama seperti proses pemaskeran rambut yaitu sama-sama menggunakan bahan cream namun proses creambath hanya fokus pada bagian kulit kepala kita saja. Jadi hasil creambath tidak selembut ketika selesai melakukan pemaskeran pada rambut.

Coloring permanent hair color
Pewarnaan rambut dengan hasil permanen,menutup uban hingga 100 persen menggunakan amonia

Free amonia permanen color
Merupakan alternatif untuk pewarnaan rambut tanpa amonia, tetapi tetap bisa menghasilkan hasil yang permanen. Pilihan ini tentu patut dicoba karena aman apalagi bagi yang punya kulit kepala sensitif. Sayangnya servis ini memang lebih mahal dan dari beberapa pengalaman dapat dikatakan bahwa hasilnya cepat luntur jika dibandingkan dengan pewarnaan permanen yang mengandung amonia didalamnya.

Hair Cut 
Menggunting rambut untuk menghasilkan tampilan yang berbeda atau new look

Hair do 
Penataan rambut yang disesuaikan dengan occasion-nya.

Hair Extension
Cara memanjangkan rambut yaitu dengan menyambungkan rambut yang tumbuh dari kepala kita ke rambut tambahan. Saat ini rambut sambungan untuk hair extension sudah semakin mudah didapat. Ada yang bentuknya clip-on dan ada juga yang disambung dengan lem khusus atau dengan teknik weave untuk pemakaian dalam waktu lama.

Hair spa
Sebenarnya perawatan jenis ini hampir sama dengan creambath, tetapi biasanya dalam perawatan hair spa menggunakan steamer dengan spesifikasi yang jauh lebih bagus.
Sedangkan cream yang dipakai lebih banyak memiliki kandungan mosturizer. Kalau kamu melakukan hair spa di salon pastikanlah petugas yang mencuci rambut lebih bersih dan tuntas dalam pembilasan sisa creamnya. Hasil akan terasa jauh berbeda yaitu lebih lembut jika kita bandingkan dengan creambath. Proses perawatan ini sangat bermanfaat dan baik untuk rambut kita khususnya yang mengalami masalah rambut kering, rambut rusak dan pecah-pecah.

Hair Mask
atau proses pemaskeran adalah perawatan rambut khusus yang lebih difokuskan ke batang rambut. Dalam rangkaian proses ini, rambut boleh di massage tapi cukup sebentar aja dan hal ini dilakuin sebelum rambut dibilas. Sebab krim yang dipakai cukup banyak dan mengandung keratin. Protein dan mosturizernya juga bisa bikin kulit kepala jadi berminyak.

Keratin Treatment Straightening
Keratin merupakan materi dasar penyusun lapisan kulit, rambut dan kuku. Keratin berperan dalam menjaga rambut Anda agar tetap sehat dan berkilau. Pertambahan usia dan gaya hidup, dapat mengakibatkan produksi keratin dalam tubuh menurun. Akibatnya rambut menjadi kusam, rusak, dan sulit diatur.

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa orang mencoba melakukan perawatan keratin rambut. Tidak hanya merawat namun keratin juga bermanfaat untuk meluruskan rambut. Pelurusan rambut menggunakan keratin ini bersifat semi-permanen dengan hasil lembut dan tidak kering seperti proses pelurusan dengan teknik lainnya. Selain itu, lapisan keratin juga berfungsi melindungi batang rambut, rambut Anda akan terhindar dari matahari dan polusi yang bisa menyebabkan kutikula rambut rusak.

Sayangnya kekurangan dari proses ini adalah harga yang sangat mahal dan hanya dalam waktu kurang lebih 3 bulan saja rambut kita akan perlahan-lahan kembali lagi ke bentuk-nya semula.

Perm atau Perming


Kebalikan dari catok, rebounding dan keratin straightening, Perming adalah proses bertujuan untuk mengeritingkan rambut secara permanen. Di beberapa salon sering juga proses ini disebut dengan Cold Perm. Ada pula istilah Digital Perm, yang ini adalah metode pengeritingan rambut yang menggunakan sebuah mesin hot-perm guna mendapatkan rambut ikal yg loose dan bukan ikal besar seperti pada blow variasi.

Rebonding
 ini juga salah satu teknik meluruskan rambut. Teknik pelurusan ini menggunakan obat pelurus atau relaxing cream serta menggabungkannya dengan teknik atau metode pencatokan. Hasilnya lebih bagus dan permanen dan hargannya juga lebih terjangkau. Akan tetapi jikalau tidak dikerjakan secara hati-hati maka akan sangat mungkin mengakibatkan kerusakan yang cukup fatal.

Smoothing
Smoothing adalah metode pelurusan rambut dengan cara rambut dijepit jari tengah dan jari telunjuk supaya hasilnya lurus. Tapi smoothing ini punya kelemahan, yaitu keliatan ngembang cukup lama.

Styling
Styling adalah proses penataan setelah rambut diblow ato dicatok, Nantinya rambut akan ditata sesuai selera sampai menghasilkan new look.

Toning
Berbeda dengan coloring, Toning ini adalah pewarnaan non permanen untuk keperluan seperti menyamarkan uban, dan lainnya. Biasanya bahan yang dipakai free-amonia, sehingga tidak berbau menyengat, hasilnya sedikit lebih mengkilat. Pada umumnya kegiatan perawatan ini banyak dilakukan beberapa orang setelah coloring

Trimming
Hair trimming adalah istilah di salon perawatan rambut untuk proses dimana yang dilakukan hanyalah menggunting pada bagian ujung-ujung rambut saja.

Nah itu dia istilah-istilah berkaitan dengan salon perawatan rambut. Meski pun masih banyak juga istilah lainnya yang ada namun rata-rata memiliki arti yang kurang lebih sama dengan yang aku sebutkan di atas.

Ada baiknya sebelum memilih metode perawatan yang kamu inginkan, mintalah penjelasan secara detail tentang bagaimana proses itu nanti akan diaplikasikan atau dilakukan pada rambut kita. 
Soalnya dari beberapa kasus ada beberapa istilah yang dipahami secara berbeda antara salon satu dengan lainnya.

0 Comments