apa saja yang harus dilakukan blogger

Google Plus akhirnya ditutup. Bagi pecinta situs blogger pastinya kamu sudah tahu lewat pemberitahuan di Dashbor Blogger. Bahwa fitur yang dikeluarkan oleh perusahaan Google akan menutup layanannya mulai April 2019 mendatang. Lantas, apa yang perlu kita lakukan?


Sebagai lanjutan dari ditutupnya layanan ini, fitur widget yang berkaitan dengan Google Plus akan dihilangkan juga. Apa saja itu?

  • Tombol +1 akan dihapus sebagai fitur turunan dari G plus
  • Pengikut Google+ juga tidak akan tampil lagi dihalaman Blog jika sebelumnya sudah ditambahkan disetiap halaman blog.
  • Badge Google+
  • Tombol share atau berbagi akan dihapus juga.Baik yang ada dibawah entri atau postingan maupun dibagian Navigasi Blog
  • Komentar Google+ tidak akan berfungsi lagi di dalam Blog.Sayangnya,setiap komentar yang masuk menggunakan akun ini tidak akan diintegrasikan atau tidak di back up,sehingga setiap komentar yang pernah masuk akan hilang secara otomatis.

Wah, banyak juga ya.
Tapi sebelumnya buat kamu yang belum tahu apa sih Google Plus itu, kenapa G Plus pada akhirnya ditutup, dan apa dampaknya bagi para blogger, aku akan jelasin terlebih dahulu.


Google Plus adalah...

jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google Plus dan diluncurkan sejak 28 Juni 2011. Jadi awalnya Google+ ini diniatkan sebagai medsos serupa dengan facebook, instagram, twitter dan lainnya.

Awalnya sih memang Si G+ ini mendapat respon baik dari para pengguna internet. Namun perlahan pengguna Google Plus ternyata kurang aktif. Kebanyakan pengguna hanya meluangkan waktu pada situs ini tak kurang dari 5 menit. Kalau bahasa digital marketing, engagement situs ini sangat rendah.

Kalau aku pribadi dulu sering pakai Google Plus sebagai wadah “buang link”, hehe. Maksudnya aku bikin akun Google Plus supaya aku bisa share link postingan blog terbaruku di situ. Kalau dihitung-hitung, statistik pembaca aku yang bersumber dari sana lumayan banyak juga, lho.

Tapi ya itu tadi. Aku pun Cuma asal menyematkan link lalu aku tinggal gitu aja. Sama sekali nggak berkontribusi buat pengguna akun lainnya.

Selain masalah kurang populer sebagai media sosial, G Plus juga diisukan telah membocorkan data 500.000 penggunanya. Di antaranya informasi tempat tanggal lahir, nama, alamat email. sampai pekerjaan.

Apa Saja Dampak Penutupan G+ bagi Pengguna Blogger

1. Widget/badges/pengikut google+ tidak tersedia lagi
Tentu saja pertama yaitu menghilangnya berbagai macam widget di blog kita yang berhubungan dengan G Plus seperti yang sudah diuraikan di atas.

2. Komentar via google+ akan dikembalikan ke komentar blogger
Bagi kamu yang mengaktifkan fitur komentar via akun G Plus maka harus rela kehilangan banyak komentar dari pengunjung blog. Karena semua komentar yang tersimpan dalam google+ tidak bisa  diimport kekomentar default blogger.

Alternatifnya adalah tetap menggunakan mode komentar default dari blogger atau menggunakan komentar facebook meski terkesan tidak alami.

3. Kehilangan Potensi Komentar dari Non Blogger
Buat non-blogger yang sedang blogwalking tidak jarang meninggalkan jejak berupa komentar.  Readers tipe ini biasanya menggunakan akun G+ untuk berkomentar sebab layanan ini telah terhubung dengan layanan Google lainnya.

Dengan dinonaktifkannya fitur berkomentar dengan Google Plus maka akan berkurang potensi komentar dari tipe pembaca ini.

4. Akun google+ akan dihentikan pada tanggal 2 april 2019
Jika pada user profile di blogger kamu menggunakan profile dari google plus , maka nama penulis artikel setiap posnya akan segera berganti menjadi "unknow author" atau "penulis tidak dikenal"

5. Sosial share google+ tidak akan bekerja
Di setiap halaman artikel pasti ada fitur berbagi postingan lewat akun sosial media. Salah satunya adalah tombol social share yang terhubung ke akun google plus
.
Sekarang tombol itu tidak akan berfungsi lagi dan akan menjadi broken link di situs kamu.

Apa Saja yang Bisa Kita Lakukan sebagai Pengguna Blogger?

a. Mengganti profil pengguna semula memakai akun G+ kembalikan ke settingan profil Blogger.
caranya buka menu setelan > setelan pengguna > umum > profile pengguna pilih blogger. Klik edit kemudian lengkapi data profile blogger.
b. Mengganti tombol social share G+ ke social media lainnya. Buat kamu yang memakai template yang sudah ada tombol berbagi ke Google + sebaiknya segera mengedit template tersebut atau menghubungi penyedia template.

Buat kamu yang ingin mengedit template sendiri, berikut caranya :
  • Pada beranda Blogger cari Tema > Edit HTML
    cara edit kode html


  • Klik pada sembarang kata di kode html, lalu tekan CTRL+F. Otomatis akan muncul kolom search.
  • Ketikkan salah satu nama social media yang tersedia di opsi tombol social share. Kalau aku memilih mengetikkan twitter .com 
    cara edit tombol social share google plus
  • Setelah muncul hasil pencarian, cari lagi barisan kode yang memuat kata “plus.google”, seperti di gambar atas ini. Di setiap template bentuk kode script html bisa berbeda-beda. Kalau yang mirip seperti punyaku kamu bisa seleksi kode yang aku bold lalu delete. Jangan lupa klik simpan.

  • Cari lagi tombol share lainnya, seperti aku yang ternyata ada opsi berbagi artikel muncul di feed blog.  
  • Caranya tekan lagi CTRL+F kemudian search “plus.google”. Setelah muncul, delete kode script yang ada.

Bagaimana sobat Blogger, apa kamu sudah melakukan langkah-langkah yang di atas? Kalau belum, silakan dipraktekkan. Demi masa depan blog kita yang lebih cemerlang *menatap matahari*



3 Comments

Senang sekali kamu bisa mampir ke postinganku, tapi jangan lupa tingggalkan jejak komentar di bawah ya :)