Buat kamu yang lagi belajar make up pasti sering nih menonton video tutorial dari para beauty guru. Di antara beauty vlogger favorit kamu itu ada saja yang mengaplikasikan bronzer atau contour di wajah mereka.

Sekilas dua produk tersebut hampir sama yaitu persamaannya ada pada warna yang cenderung kecoklatan. Namun sebenarnya dua produk ini memiliki fungsi dan cara aplikasi yang berbeda.

Lantas bagaimana cara membedakan bronzer dan contour tersebut agar kamu tidak salah dalam pemakaian keduanya?



Fungsi

Contour: berfungsi untuk menciptakan suatu efek bayangan pada area tertentu pada wajah. Sehingga terbentuk dimensi yang tegas pada muka kita dan tampilan make up kita tidak terlihat flat.

Sederhananya, nih. Dengan memakai contour kita bisa bikin efek pipi lebih tirus, hidung lebih mancung, dahi yang lebar pun terlihat lebih kecil. Nah, teknik bermake up ini namanya teknik contouring.

Teknik contouring ini biasa digunakan untuk membuat ilusi agar area wajah tertentu sedikit tersembunyi alias tidak menonjol. Biasanya area yang diaplikasikan contour adalah area cekungan bawah tulang pipi, garis rahang, bagian terluar dahi, dan tulang hidung.

Berkebalikan dengan highlighting yang bertujuan menonjolkan fitur wajah.

Perbedaan contouring dan bronzering pada wajah


Bronzer: adalah berfungsi menambah warna hangat pada wajah. Efek yang diinginkan dalam pemakaian bronzer adalah agar kulit terlihat lebih eksotis, berwarna, sehat, dan hidup



Warna dan Finish Produk yang Digunakan
Terkadang yang membuat kita bingung mana yang bronzer dan mana yang contour adalah karena warna mereka terlihat serupa. Padahal kalau diperhatikan kedua produk ini memiliki warna dan finishing yang berbeda.

Contour: Walau sekilas mirip dengan bronzer, namun warna yang paling cocok digunakan untuk contour adalah warna coklat yang lebih gelap 1 – 2 shade dari warna kulit asli. Untuk wanita Indonesia kebanyakan, biasanya kita bisa memilih warna coklat yang punya undertone netral.

Uniknya untuk produk contour, bisa dipilih mau yang berbentuk cream atau pun powder. Keduanya memiliki cara pengaplikasian yang sama namun bedanya untuk cream contourhasilnya lebih tegas sedangkan powder contour hasilnya terlihat lebih natural.

Tips memilih contour yaitu pilih yang matte, jangan yang shimmery. Karena tujuan di sini adalah ingin membuat bayangan, kalau ada shimmer atau glitter yang berkilau, malah berlawanan dengan tujuannya.

Bronzer: Warna bronzer umumnya punya undertone yang hangat dan kuning seperti coklat, atau coklat keoranyean.

Untuk bronzer, ada juga yang matte, ada yang memiliki sheen, ada juga yang jelas-jelas finish-nya shimmery. Semuanya bisa-bisa saja dipakai. Tinggal disesuaikan dengan preferensi makeup look kita masing-masing.

Setelah mengetahui beda antara bronzer dengan contour, yuk kita main tebak-tebakkan.

Di bawah ini apakah merupakan produk contour atau pun bronzer?


produk contouring lokal


Jawabannya sila ditulis di kolom komentar di bawah yaaah. Selamat menebak!

0 Comments