Siapa sih yang nggak kenal brand Marina? Kayanya anak milenials pasti akrab banget sama produk-produknya, terutama seri body lotion mereka. Gimana yah, aroma body lotion Marina itu khas banget sampai-sampai aku tuh sering ngeh kalau ada yang pakai lotion merk itu.

Anyway kali ini aku nggak membahas produk lotionnya. Melainkan produk terbaru yang bisa dibilang suatu terobosan tak terduga. Dimana kalau brand lain berlomba-lomba bikin produk pemutih dan sebagainya. Marina justru berani keluarin produk sunblock dengan harga di bawah 50ribu aja.

Langsung aja kali yah, bahas Marina UV White Sunblock SPF 30.

Marina Sunblock  dengan kandungan SPF 30 PA++ sebagai UVA dan UVB protection

Kandungan                   : SPF 30 PA++, Biowhitening Complex, Aloe Vera

Tersedia dalam ukuran : 85 ml

Cara penggunaan          : Aplikasikan secara merata di daerah kulit tubuh yang terpapar matahari. Sebaiknya digunakan 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Harga                            : yaitu sekitar Rp 23.000 - Rp 26.000

Dapat dibeli di             : gerai minimarket, supermarket, drugstore, dan tersedia juga di marketplace ternama di Indonesia.

Sebentar, aku mau tanya. Kamu tahu nggak sih apa bedanya sunblock dan sunscreen? Keduanya itu sering bikin bingung lantaran sama-sama ada kata sun yang artinya matahari.

Jadi, sunblock itu merupakan produk pelindung tabir surya berupa cairan kental umumnya berwarna putih. Berbeda dengan sunscreen yang memiliki tekstur cenderung cair sehingga mudah meresap ke kulit.

Tekstur dan Formula

Marina UV White Sunblock memiliki tekstur kental berwarna putih susu dengan wangi khas Marina yang segar dan wangi. Karena warnanya tersebut, ketika dibaurkan ke kulit meninggalkan residu berwarna putih di kulit alias white cast. Kemudian saat dibaurkan itu agak lama sampai meresap ke kulit, yang mana itu merupakan hal lumrah yang kita alami saat menggunakan sunblock.

Oya, salah satu ciri khas sunblock adalah komposisi produknya mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Sedangkan di produk Marina Sunblock sendiri terdapat zinc oxide yang merupakan bahan mineral yang membangun lapisan di atas permukaan kulit, berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari.



Sesuai dengan keterangan produk, dijelaskan bahwa Marina Sunblock mengandung SPF 30 PA++. Label SPF merujuk pada perlindungan dari radiasi UV B (UVB), dan tidak melindungi kulit dari radiasi UV A (UVA). Sehingga produk ini diinterigasikan dengan perlindungan dari radiasi UVA, dengan label PA. Tanda ++ menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat perlindungan sunblock tersebut terhadap radiasi UVA.

Sebenarnya, semakin tinggi angka SPF tidak mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang disediakan oleh produk tersebut. Namun semakin kecil tingkat SPF, kamu jadi harus lebih sering untuk mengaplikasikan ulang (reapply) agar kamu bisa semakin lama beraktivitas di bawah terik matahari. Sedangkan dengan angka SPF lebih tinggi,  mampu memblokir lebih banyak UVB. Para ahli merekomendasikan penggunaan produk pelindung tabir surya pada jangkauan angka SPF 30-60, artinya Marina Sunblock ini sudah memenuhi kriteria rekomendasi para ahli. Yeaay.

Water Resistant

Oya, satu lagi nih, rekomendasi produk sunblock yang sebaiknya kita pakai mengandung fitur tahan air. Keunggulan ini pula yang dimiliki oleh produk Marina Sunblock yang menawarkan fitur water resistant. Sehingga produk ini bisa digunakan oleh kamu yang doyan berolahraga, berenang, atau aktif berkegiatan di luar ruangan.

Buat yang doyan mendem dalem ruangan pun, wajib loh menggunakan produk tabir surya seperti sunblock. Karena kita bisa saja terpapar bahaya sinar matahari walaupun ada di dalam ruangan.

Gini ya, walaupun diklaim water resistant, tapi bukan berarti produk ini waterproof. Loh, maksudnya nggak tahan sama air? Setelah terkena air, sunblock tetep akan terhapus dari kulit. Maksud dari water resistant adalah produk tersebut dapat digunakan sekitar 40-80 menit selama berenang atau berkeringat. Namun setelah itu, sunblock harus dioleskan ulang.

Mencerahkan Kulit

Kamu juga bakalan lebih jatuh cinta sama produk satu ini karena diperkaya Biowhitening Complex paduan Vit. B3 & E. Kandungan-kandungan inilah yang membantu mencerahkan warna kulit sehingga kulit akan tampak lebih cerah merata. Serta Aloe Vera yang menjaga kulit agar selalu segar dan lembap di bawah sinar matahari. Jadi dalam satu produk, ada fungsi perlindungan juga ada fungsi mencerahkan juga lho.

Dengan formula yang yang mudah dibaurkan dan nggak lengket. Marina Sunblock SPF 30PA++ ini aman digunakan untuk semua jenis kulit. Termasuk untuk pemilik kulit sensitif. Karena kandungan zinc oxide pada produk ini termasuk ke dalam bahan tabir surya fisik, sehingga tidak menyerap ke dalam kulit.

Namun sayangnya produk ini memiliki kandungan paraben yaitu berupa Methylparaben dan Propylparaben. Keduanya merupakan bahan kimia pengawet sintetis yang dapat menjaga daya simpan suatu produk. Paraben sendiri dianggap berbahaya karena kandungan ini memiliki sifat menyerupai estrogen saat masuk dalam tubuh manusia. Meskipun sebenarnya adar paraben yang dimanfatkan produk perawatan tubuh dan kosmetik cenderung berada dalam kadar yang rendah dan masih aman untuk diterima tubuh.

Jadi aman atau tidak untuk digunakan, sebenarnya tergantung apakah kamu toleran terhadap penggunaan paraben atau tidak. Produk Marina Sunblock ini sejatinya sudah mengantongi ijin dari BPOM. Pastinya lembaga seperti Badan pengawas Obat dan Makanan  sudah mempertimbangkan banyak hal sebelum meloloskan sebuah produk ke pasaran, termasuk produk ini.



Pros :
1. Mengandung SPF 30 yang merupakan jangkauan angka SPF direkomendasikan oleh para ahli
2. Water Resistant yang membuatnya lebih direkomendasikan untuk beraktivitas renang
3. Memiliki kemampuan mencerahkan
4. Aman untuk semua jenis kulit
5. Harganya murah untuk ukuran sunblock isi 85ml
6. Mudah ditemukan di drugstore, minimarket, dan supermarket.

Cons :
1. Meninggalkan efek whitecast
2. Mengandung bahan pengawet paraben
3. Bagi yang nggak suka wewangian, akan terganggu dengan aroma produk ini yang kuat.

Nilainya aku berikan 7/10.

2 Comments

Senang sekali kamu bisa mampir ke postinganku, tapi jangan lupa tingggalkan jejak komentar di bawah ya :)