Setelah sebelumnya aku posting tulisanku tentang nge-vlog pakai hp, sekarang mari kita beranjak ke proses selanjutnya yaitu tahap editting. Ngedit video di hp, bisa nggak sih? Jawabannya sangat bisa! Software editting di hp bertebaran di media playstore maupun app store (eh? bener ngga sih namanya? yang buat IOS gitu?).

Kali ini aku mau bahas edit vlog menggunakan aplikasi Kine Master. Apk ini bisa kamu download di playstore versi gretongannya. Bedanya sama yang premium alias berbayar nanti akan aku bahas yah. Yuk sekarang ikuti step by step cara edit video pakai Kine Mater.


1. Memasukkan file video

Setelah download aplikasinya, buka dan klik bulatan warna merah yang ada simbol "+" di tengahnya. Lalu pilih "empty project".

Setelah itu kamu akan disediakan track kosong tempat kamu akan melakukan proses editting. Pertama-tama kamu harus memasukkan file video yang mau kamu edit. Caranya klik "media browser". Lalu silahkan cari file yang ada di storage media kamu.

Cara input gambar

Nah tampilannya akan seperti di atas yah. Gambaranya bisa kamu play lewat tombol yang berbentuk segitiga itu. Kalau mau tambah video lagi, silahkan klik media browser lagi, begitu seterusnya sampai semua file kamu sudah masuk ke bar editting.

Gimana kalau video yang kamu ambil secara tidak sengaja layoutnya horisontal. Sekarang aku kasih tahu cara flip video di Kine Master ini.

Gambar masih berbentuk horisontal
Klik timeline/bar/kolom yang berisi gambar video kamu yang masih horisontal. Sampai timeline video itu berwarna kuning. Seperti gambar di bawah ini.


Bakalan muncul : icon gunting, cropping, sama lambang audio gitu. Lalu di bawahnya ada "clip graphics", "speed control", dan "rotate/mirroring". Nah sudah pasti pilih yang rotate, kemudian klik putar gambar sesuai kamu inginkan (ke kanan atau ke kiri. 180 derajat juga bisa bikin efek mirror).



Selanjutnya klik tanda centang di pojok kanan atas.

2. Memotong/membuang Part yang Tidak diinginkan

Lantas gimana kalau ada part yang kamu pengen buang di tengah-tengah video? Caranya play video lalu pause di bagian yang ingin kamu buang . Atau bisa tinggal geser-geser timelinenya aja sampai ketemu part yang mau dihilangkan. Kemudian seperti biasa video di timeline diklik sampai berwarna kuning.

Nanti akan nongol lagi tuh icon guntingnya, silahkan diklik gambar gunting disono.



Di sini akan muncul beberapa pilihan motongnya :

Trim to left of playhead, maksudnya kalau kamu klik itu, video yang ada di bagian kiri dari garis warna merah yang menunjukkan time/waktu itu bakal terpotong.
Trim to right of playhead, kebalikannya yang di atas, jadi yang akan kepotong video yang sebelah kanan,
Sedangkan split at playhead maksudnya video kamu akan dipotong terbelah dua alias dipisah. Silahkan dicoba-coba mana cara motong yang kamu butuhkan. Kalau salah motong jangan jerit-jerit histeris duluuu, ada tombol undo dan redonya di pojok kiri atas tuh.

3. Mempercepat/ Memperlambat Video

Terkadang ada part dalam video kita dimana durasinya terlalu lama atau malah justru kecepatan. Misal video kamu lagi ngeblend foundation, nah itu kan agak memakan waktu dan pastinya membosankan untuk ditonton (kecuali kamu itu SUHAY SALIM yah mau ngeblend foundi sebotol juga gak bosen-bosen kayanya, hahaha).

Maka dari itu kamu bisa manfaatin fitur speed duration, mungkin tadi kamu sempet lihat di gambar screenshoot yang ada di pembahasan bagian atas dari artikel ini. Sekali lagi kamu klik video yang mau dinaikkan atau diturunkan speednya. Sampai muncul icon gunting, cropping, dan audio. Lalu di bawahnya cari speed control kemudian klik.


Bakalan muncul tuh control pannel kaya di gambar atas. Kalau kamu geser ke atas berarti speed video kamu akan dipercepat. Kalau kamu geser ke bawah maka speed videomu melambat. Simpel kan? Kalau sudah diatur, klik centang yah.

4. Tambahkan Backsound

Biar video kamu nggak sepi kaya kuburan, kamu bisa isi latar belakang suara baik itu berupa lagu maupun instrumental. Kalau video ini akan kamu masukkan ke yotube, pastikan musik yang kamu pilih bebas hak cipta atau free royalti. Kenapa? Video yang menggunakan musik bercopyright akan ditolak secara otomatis oleh youtube. Jadi biar kerja kerasmu nggak sia-sia pastikan kamu download lagu yang free copyright. Di google banyak kok situs penyedia musik yang bebas royalti.

Cara masukkan backsoundnya, klik audio kemudian pilih deh musik yang kamu mau. Audio tersebut akan langsung masuk ke bagian bawah timeline video.




5. Tambahkan Teks
Cara menambahkan teks pada gambar yaitu dengan mengklik "Layer" kemudian pilih text. Ikuti langkah selanjutnya sampai tulisan kamu muncul. Kamu juga bisa pilih font maupun efek transisi teks itu sendiri.

6. Video Transisi

Jika video kamu sudah berupa rangkaian yang tersusun sesuai urutannya, maka selanjutnya kamu bisa "menghias" video kamu dengan efek transisi. Maksudnya antar satu adegan ke adegan selanjutnya tersambung dengan cantik. Ah langsung aja dipraktekin biar ngerti.

Klik kotak yang ada di antara dua potongan video
Maka akan muncul pilihan transisi. Pilih yang kamu suka lalu klik centang


7. Pengisi Suara

Kalau sewaktu take video kamu nggak sempet ngerecord suara, di Kine Master menyediakan fitur perekaman suara. Jadi kalau kamu mau dubbing video kamu agar terdapat efek voice over, kamu bisa pilih icon voice yang ada di bawah media browser.

8. Rendering/Ekspor/Simpan Hasil Editting

Setelah merasa puas dengan video yang udah kamu edit, saatnya untuk merender hasilnya. Caranya klik tombol save seperti di gambar bawah ini



Selanjutnya "save to gallery" atau bisa langsung upload ke social media kamu, termasuk ke youtube. Kamu juga bisa pilih ukuran resolusi video dari yang paling high sampe low. Enaknya rendering di aplikasi ini nggak memerlukan waktu yang lama. Kalau aku edit video di adobe premier, untuk rendering video durasi 5 menit aja butuh waktu rendering bisa setengah jam.

Tapi kok di hasil videonya ada watermark "made with KINEMASTER", gimana cara ngilanginnya. Nah ini nih kekurangannya si versi gratisan karena watermark itu secara otomatis ada dan nggak bisa dihilangkan. Kalau mau free watermark kamu bisa unduh aplikasi versi berbayarnya. Yang pasti si versi premium fiturnya lebih lengkap kaya misalnya ada penambahan efek video yang lebih ciamik.


Segitu aja yah pembahasan dari aku tentang cara edit video lewat hp, khususnya aplikasi Kine Master. Selebihnya kamu bisa coba-coba semua fitur yang ada di aplikasi itu, siapa tahu kamu menemukan teknik lainnya yang bisa dicoba lewat aplikasi tersebut.

Semoga bermanfaat yah, salam kecup dari Pulau Dewata :*

Baca juga artikel sebelumnya : Manfaatkan HP Buat Nge-vlog? Siapa Takut #Part1

3 Comments

  1. Uun juga dulu pakai apps sejenis ini di iPad, sebelum punya apps editing video di lepy ci. Tapi ini apps di iPad Uun cari gaada ya, padahal sama filmora go bagusan ini keknya ^^


    www.christinauntari.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Uun, filmora bagus dan simple pakainya... Thankyou uda mampir cantiiik

      Delete
  2. Aku pingin buat video gak jadi-jadi. Ngerasa ada kendala di alat, padahal kalau dipikir-pikir pakai hp seadanya pun bisa, apalagi hp sudah semakin canggih. HAHA nasib anak malas


    http://nadithaa.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Senang sekali kamu bisa mampir ke postinganku, tapi jangan lupa tingggalkan jejak komentar di bawah ya :)