Kehidupan sebagai seorang wanita karir tidak akan berwarna tanpa adanya periode rehat yang bernama liburan. Sebagai perempuan yang bekerja full time tujuh hari selama seminggu, saya tentu sangat menanti-nantikan masa liburan. Sering dengan rasa tidak sabaran. 

Kabar bahwa saya dapat jatah liburan akhirnya datang di pertengahan Desember tahun 2016. Sayang sekali, saya hanya kebagian libur tiga hari saja di akhir tahun yaitu dari tanggal 29 - 31 Desember.

Rencananya pada malam tahun baru saya akan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Sementara dua hari libur di awal akan saya manfaatkan berplesiran ke luar kota.

Setelah menimbang-nimbang beberapa lama, Kabupaten Banyuwangi menjadi daerah tujuan saya. Selain dekat dari tempat tinggal saya yaitu Bali, tempat itu juga menarik perhatian saya sejak pertama kali menyambangi Pulau Jawa dulu.

#Jadibisa liburan berkat TRAVELOKA


Liburan kali ini bisa dikatakan low budget vacation. Dari segi transportasi saya hanya bermodalkan sepeda motor kesayangan. Sedangkan untuk konsumsi selama tinggal di Banyuwangi saya prediksi tidak akan terlalu menguras kocek.

Walaupun dana yang saya sediakan untuk liburan ini terbilang minim, saya tidak mau sembarangan dalam hal memilih akomodasi. Pokoknya, tempat saya menginap nantinya tidak boleh sebelas dua belas dengan kamar saya di rumah. Titik.

Sebagai generasi 90-an yang hidup di era milenials, beruntung saya merasakan nikmatnya kemajuan teknologi. Salah satunya teknologi informasi yang dapat membantu saya mencari dan memesan hotel idaman saya di kota tujuan.

Hanya melalui gawai di genggaman tangan, saya dapat melihat-lihat pilihan hotel di kota lain. Satu-satunya situs yang selalu saya gunakan dalam hal mencari rekomendasi akomodasi yaitu Traveloka.


Fitur-fitur yang tersedia di Traveloka sangat lengkap dan memudahkan penggunanya untuk melakukan booking hotel secara mandiri.


1.     Tujuan


Mencari hotel di Traveloka sangatlah mudah, pertama kita cukup memasukkan daerah tujuan atau destinasi wisata yang ingin kita tuju. Jika sudah punya referensi hotel tertentu, silakan masukkan nama hotel tersebut. Di sini Traveloka juga memberikan kemudahaan pada kolom pencariannya sebab sudah ada fitur auto complete text. Sehingga dengan mengetik beberapa huruf saja langsung muncul deh rekomendasi nama kota atau hotelnya.

2.  Waktu Menginap


Selanjutnya adalah memasukkan tanggal check-in. Di sini kamu juga akan dipermudah dengan adanya fitur pencarian tanggal inap termurah. Sehingga buat kamu yang masih bingung soal waktu check-in bisa menggunakan referensi tanggal yang disediakan Traveloka tersebut.

3.     Jumlah Tamu & Kamar


Pada fitur ini kamu bisa menyesuaikan jumlah tamu yang menginap serta jumlah kamar yang ingin kamu pesan.

4.   Filter Hasil Pencarian


Masih bingung mau cari penginapan seperti apa? Kamu bisa melakukan filter dari hasil pencarian yang muncul. Jadi kamu bisa menyesuaikan hotel seperti apa yang kamu inginkan berdasarkan budget, tipe akomodasi,atau berdasarkan fasilitas yang disediakan.

5.     Urutkan Hasil Pencarian


Di sini kamu juga bisa mengurutkan hasil pencarian, baik dari harga terendah, harga tertinggi, atau pun hotel yang sekiranya populer di pencarian.

6.     Peta


Ini nih salah satu fitur terbaru di Traveloka yaitu peta wilayah yang kamu tuju lengkap dengan informasi pesebaran hotel. Ada informasi harga pada peta tersebut


Melalui fitur-fitur di atas, kita sebagai pengguna dapat mengakses beragam pilihan hotel yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan dan budget kita.

Setelah beberapa lama memilih hotel di aplikasi Traveloka, pilihan saya jatuh pada Hotel Selamet Jl. Kapten Pierre Tendean No.89 Banyuwangi. Lewat Traveloka saya bisa “mengintip” seperti apa tampilan hotel yang akan menjadi tempat beristirahat saya di Banyuwangi nanti.



Jangan khawatir bila nanti ketika check in kita akan “ditodong” harga berbeda dari yang tertera di aplikasi sebab harga hotel yang tercantum sudah merupakan harga final. Alias tidak ada tambahan ini itu 

Proses pembayarannya pun termasuk mudah dengan beragam pilihan metode pembayaran, antara lain : kartu kredit, transfer & ATM, Direct Debit, dan bahkan bisa bayar di Indomaret atau Alfamart. Wow!

Pada waktu itu saya memilih metode pembayaran via transfer. Begitu selesai melunasi pembayaran, voucher hotel langsung dikirimkan via email. Voucher itulah yang bisa kita gunkan pada saat proses check in nanti.


Saya tidak salah dalam memilih hotel. Tempat yang akan saya gunakan untuk bermalam benar-benar nyaman, bersih, dan modern. Padahal harganya terbilang sangat murah, apalagi mengingat pada saat itu kondisi high season alias musim liburan.

Pada hari pertama saya menginap, hujan terus menerus mengguyur Banyuwangi. Padahal banyak destinasi wisata yang ingin saya kunjungi. Jadilah saya hanya leyeh-leyeh di kamar sembari menunggu hujan agak reda.

Untunglah kamar yang saya pesan menawarkan kenyamanan khas hotel bintang tiga. Desain kamarnya minimalis, dilengkapi AC, televisi, serta kamar mandi yang bersih.

Selain itu fasilitas sarapan gratis juga saya dapatkan di hotel tersebut sehingga saya tidak perlu rempong keluar hotel untuk mengisi perut.

Tweet: “Berkat Traveloka, #jadibisa menemukan hotel yang murah tapi berkualitas.”
“Berkat Traveloka, #jadibisa menemukan hotel yang murah tapi berkualitas.”

Ternyata harga yang saya bayarkan di aplikasi jauh lebih murah dibandingkan harga yang ditawarkan bila memesan on the spot pada saat check in.

Hal itu saya alami ketika lewat meja resepsionis. Ketika itu ada seorang bapak yang ingin memesan hotel bersama keluarganya. Petugas hotel pada waktu itu menjelaskan rate per malam hotel kepada Si Bapak.

Selain itu, dengan memesan hotel jauh-jauh hari menjauhkan saya pada kondisi full booked yang pastinya akan mengacaukan mood liburan saya.

Malam harinya saya sempat melipir ke beberapa pusat perbelanjaan. Sedangkan esok harinya saya menghabiskan waktu untuk berwisata kuliner. Siangnya saya harus check out dan kembali ke Pulau Dewata.

Meskipun singkat, liburan saya tetap berkesan.  Lewat bantuan aplikasi Traveloka saya dapat merasakan kenyaman hotel berbintang tiga namun dengan membayar harga relatif murah.

Seusai check out, saya juga bisa memberikan review mengenai hotel tempat menginap di Traveloka. Selain itu saya mendapatkan poin reward yang nantinya dapat memberikan benefit tertentu. 



  

”Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog yang diadakan oleh Traveloka."

0 Comments